Rabu, 14 Desember 2016

Sejarah Peradaban Islam



BAB 1
PENDHULUAN

A.    .Latar Belakang Masalah
Sejarah islam sekarang itu telah berjalan lebih dari 14 abad lamanya,sebagaimana dengan sejarah setiap umat,sejarah islam pun juga mengalami pasang surut dalam perjalanannya.Pada periode tertentu islam itu mengalami pertumbuhan dan perkembangan,kemudian pada periode tertentu islam mengalami kemjuan dan kejayaan yang sangat pesat.Namun pada saat periode lain islam mengalami kemunduran bahkn kehancuran.
Setelah khalifah Abbasiyah di Baghdad runtuh akibat seragan tentra mingol,kekutan politik islam itu mengalami  kemundurn secara drastic.Wilayah kekuasaannya tercabik-cabik dalam beberapa kerajaan kecil yang mana itu satu dengan yang lain saling memerangi .disitu(tempat terjadinya peristiwa) banyak peninggalan budaya dalamm kerajaan islam yang mana itu banyak peninggalan yang hancur akibat serangan mongol tersebut.
Kemudian umat islm itu mulai bangkit lagi,setelah perlahan keadaan politik umat islam mengalami kemajuan kembali setelah muncul dan berkembangnya 3(tiga)kerajaan besar diantaranya Utsmani di Turki,Mughhal di india dan Safawi di Persia.Untuk kerajaan Utsmani sendiri merupakan kerajaan terbesar yang pertama berdiri dan juga pula paling bertahan lama dibanding dengan dua kerajaan lainnya itu.
Untuk itu,makalah ini akan membahas atau memaparkan kembali Sejarah Peradapan Islam pada masa Turki Usmani yang penuh dengan suasana politik,kemajuan peradadpan serta runtuhnya kerajaan Turki Utsmani.




B.     Tujuan
Adapun tujuan penyusunan makalah ini adalah:
1.      Untuk mengetahui sejarah berdirinya Kerajaan Utsmani
2.      Untuk mengetahui puncak kejayaan islam di turki
3.      Untuk mengetahui pula siapa saja tokoh-tokoh yang berperan pada masa tersebut
4.      Untuk mengetahui pula penyebab kemunduran turki Utsmani

C.    Rumusan Masalah
1.      Bagaiman sejarah berdirinya Turki Utsmani ?
2.      Bagaiman masa puncak kemajuan peradaban?
3.      Siapa saja tokoh-tokoh yang berperan?
4.      Apa saja Faktor yang menyebabkan mundurnya kerajaan Turki Utsmani?













BAB II
PEMBAHASAN

1.      Sejarah Kerajaan Turki
Lahirnya kerajaan Turki Utsmanai adalah warisan kepemimpinan Erthrogul ke anaknya Usman.Usman memproklamirkan kemerdekaan atas daerah yang diduduki setelah kerjan Saljuk terpecah-pecah akibat serangan Bangsa Mongol sebelum itu,bangsa turki dari Khabilah oghuz dibawah pimpinan Erthogrul menetap di Asia Tengah dibawah serangan-serangan bangsa Mongol.Pada Abad ke 13 bangsa turki dari Khabilah oghuz melarikan diri ke asia kecil (bangsa turki saljuk)Kerajaan turki muncul setelah islam mengalami masa kemunduran ditandai dengan jatuhnya Abbasiyah di Baghdad.
,Turki Utsmani dikatakan sebagai kerajaan yang paling berpengaruh dan membangkitkan peradaban islam setelah kemunduran islam. Dalam waktu pendek,sekiranya pada abad ke-15(abad ke-9 H),orang Turki Utsmaniyah membuat debut di panggung sejarah.Pada tahun 1455 M (853)Mereka menjadi perhatian dunia,ketika Muhammad sang penakluk yang berusia dua puluh empat tahun merebut konstantinopel,ibukota kerajaan Romawi Timur.Kemenangan ini telah menggairahkan kembali semangat seluruh umat muslim di Dunia.Umat muslim merasa bahwa mereka dapat menggantungkan harapan bangsa Turki Utsmaniyah sebagai pemimpin-pemimpin yang berkemampuan membangkitkan islam kembali.
Dinasti Utsmaniyah asalnya merupakan salah satu wilayah yang diperoleh dari ekspansi Dinasti saljuk dan para imigran Turki ke arah barat memasuki Anatolia.Dimana nama kerajaan Utsmaniyah itu diambil dari dan dibangsakan kepada nenek moyang mereka yang pertama yakni Sultan Utsmani Ibnu Arthogol Ibnu Sulaimansyah ibn Kia Alp,kepala kabilah kab di Asia Tengah.Awal mula berdirinya Dinasti ini yang berasal dari suku qoyigh Oghus itu karena banyak tertulis dalam legenda dan sejarah sebelum tahun 1300.sejarah singkatnya pada abad ke-13M,Erthoghul pergi ke Anatolia yang mana kekuasaan dibwah sultan Alaudin II.Dia membantunya melawan serangan dari Byzantium,kemudian ndan erthoghul mendapatkan sebagian wilayah (Asyki Syahr).Akibat adanya serangan dari mongol meraka melarikan diri untuk mencari perlindungan dari turki saljuk,dibawah pimpinan erthoghul mereka mengabdikan diri pada sultan Alauddin II[1]
Kemudian Erthogul meninggal dunia pada tahun 1289 M.Kepimpinannya dilanjutkan oleh putranya yang bernama Usman (1281-1324),atas persetujuan Alaudin.Usman inilah yang dianggap sebagai pendiri Kerajaan Usmani.Usman memerintahkan anatar tahun 1290 M dan 1326 M.Sebagaiman ayahnya,I banayak baerjasa kepad Sultan Alaudin II dengan keberhasilannya menduduki benteng-benteng Bizanthium yang berdekatan dengan kota Broessa.Pada tahun 1300 M,bangsa Mongol menyerang kerajaan Seljuk Rum ini,kemudian terpecah-pecah dalam beberapa kerajaan kecil.Usman pun menyatkan kemerdekaan dan berkuasa penuh atas daerah yang didudukinya.Sejak itulah kerjaan Usman dinyatakan berdiri. Penguasa pertamanya adalah Usman yang sering disebut juga Usman I.
Setelah Utsman 1 mengumumkan dirinya sebagai Padisyah al-Utsman (Raja besar keluarga Utsman) tahun 1300 M . setapak demi setapak wilayah kerajaan diperluas. Dipilihnya negeri iskisyihar menjadi pusat kerajaan. Utsman mengirin surat-surat kepada raja-raja kecil guna memberi tahukan bahwa sekarang dia raja yang besar dan dia menawar agar raja-raja kecil itu memilih salah salah satu di antara tiga perkara, yakni : Islam, membayar jizyah dan perang. Setelah menerima surat itu,separuh ada yang masuk islam ada juga yang mau membayar jizyah. Mereka yang tidak mau menerima tawaran utsman merasa terganggu sehingga mereka meminta meminta bantuan kepada bangsa tartar, akan tetapi Utsman tidak merasa takut menghadapinya. Utsman menyiapkan tentaranya dalam menghadapi bangsa tartar,sehingga mereka dapat di taklukkan.
Utsman mempertahankan kekuasaann nenek moyang dengan setia dan gagah perkasa sehingga kekuasaan tetap tegak dan kokoh sehingga kemudian dilanjutkan putra dan saudara-saudaranya yang gagah berani meneruskan perjuangan sang ayah demi kokohnya kekuasaan nenek moyangnya.

2.      Pemimpin-pemimpin Kerajaan Turki Utsmani dan Masa periodenya.
v  Periode Pertama (1299-1422 M)
Dimulai dengan awal berdirinya perluasan pertama samapai kehancuran sementara oleh serangan Timur Lenk.pada periode ini sultanya :
1.      Usman (1300-1326 M)
Usman adalah pendiri kerajaan Turki Usmani.ia banyak  berjasa kepada Sultan Aliuddin II dengan keberhasilannnya menduduki benteng-benteng Bizantium yang berdekatan dengan kota Broessa yang kemudian dijadikan ibukota kerajaan.
2.      Orkhan (1326 M-1359 M)
Menaklukkan Azmir (Smirna)1324 M.Thalwalyani 1330 M,Ankara 1354 M,dan Gallipoli 1356 M.Daerah ini bgin benua Eropa yang pertama kali diduduki Kerajaan Utsmani.
3.      Murad I (1359 M-1389 M)
Ia memantapkan keamanan dalam negeri dan ia melkukn perluasn daerah ke benua Eropa.Ia dapat menaklukkan Andrinopel ,Macedonia,Sopia,Salonia,dan seluruh wilyah bagian utara Yunani.
4.      Sultan Bayazid (1389 M-1403 M)
Melanjutkan perjuangan Murad I ,ia akhirnya bisa menaklukkan pasukan sekutu Kristen ,dan cini merupakan catatan sejarah  amat gemilang bagi uamat islam.
v  Periode kedua (1403 M-1566 M)
Ditandai dengan restprisasi kerajaan percepatan pertumbuhan serta peluasaannya yng terbesar.)
1.      Muhammad I (1403 M-1421 M)
Dapat menyatukan Turki Usmani Karena setelah meninggalnya Sultan Bayazid I Turki Usmani mengalami kemunduran karena disini putranya saling berebut kekuasaan dan saling terjadi pertikaian dan berhasil mengambil wilayah yang sempat di ambil oleh Timur Lenk.
2.      Murad II (1421 M-1451 M)
Dipandang Eropa sebagai penguasa yang tidak berbahaya karena usianya masih sangat muda,
3.      Sultan Muhammad Ali Fatih (1451 M-1512 M)
Dapat mengalahkan Bizantium dan menaklukkan Konstatinopel tahun 1453 M.
4.      Sultan Salim I (1512 M-1520 M )
Sultan Salim memiliki kemampuan memerintah dalam memimpin peperangan.Ia mengalihkan perhatian ketimur dengan menaklukkan Persia,Syiria,dinasti Mamalik di mesir.
5.      Sultan Sulaiman Al-Qanuni (1520 M-1566 M )
Daerah ekspansinya Asi kecil,Armenia,irak,Syria dan Negara lainnya,namun setelah Sultan sulaiman meninggak dunia,terjadilah perebutan kekuasaan oleh putra-putranya,yang menyebabkan kerajaan Turki Usmani mundur,akan tetapi untuk beberapa abab kerajaan turki masih dipandang kuat.[2]

3.      Masa Kejayaan Turki Utsmani
Pada awalnya kerajaan Turki Usmni hanya memiliki wilayah yang sangat kecil,namun dengan adanya dukungan militer,tidak beberapa lama usmani menjadi kerjaan yang sangat besar bertahan dalam kurun waktu yang lama.Sejak masa Usman bin Ertaghrol yang dianggap Pembina pertama kerajaan Turki Usmani ini timbullah kemajuan dalam berbagai bidang agama Islam.Turki membawa pengaruh cukup baik dalam bidang ekspansi agama islam ke Eropa,bidang-bidang tersebut diantaranya :
§  Kemajuan Bidang Militer
Para pemimpin kerajaan turki itu orang-orang yang kuat,sehingga dapat melakukan ekspnsiny dengan cepat dan luas.kerajaan turki mencapai masa keemasannya itu bukan semata mata karena politik,namun diantaranya karena keberanian,ketrampilan,kekuatan militernya ,yang mana kekuatan militernya itu terletak pada mesin perangnya.Faktor utama yang mendorong kemajuan di bidang militer itu adalah tabiat bangsa turki itu sendiri yng bersifat militer,disiplin dsb nya.
§  Bidang KebudayaanKebudayaan Turki Usmani merupakan perpdun bermacam-macam kebudayaan,di antaranya adalah kebudayan Persia,Bizantium,dan Arab.Dari kebudayaan Persia mereka banyak Mengambil ajaran-ajaran tentang etika.
§  Bidang Keagamaan
Agama dalam tradisi masyarakat Turki Usmani mempunyai peranan besr dalam bidang social dn plitik.Masyarakat digolong-golongkan berdasarkan agama,dan kerajaan sendiri yang terikat dengan syariat,dan untuk itu,ajaran ajaran thorikot berkembang dan juga mengalami kemajuan di Turki Utsmani.
§  Bidang Pemerintahan
Keberhasilan ekspansi tersebut dibarengi pula dengan terciptanya jaringan pemerintahan yang teratur.dalam mengelola wilayah yang luas,Raja-raja Turki Usmani senantiasa bertindak tegas.dalam struktur pemerintahan Sultan sebagai penguasa tertinggi,dibantu oleh perdana menteri,yang membawahi pasya (gubenur). [3]
Dari masa jayanya,dalam bidang kemiliteran,orang Turki tidak ada bandingannya di dunia[4].Dari segi ini semua telah meningkatkan pertumbuhan penduduk masyarakat yang lebih sejahtera yang mana ini merupakan buah dari tatanan yang baik,system perpajakan yang lebih adil,permintaan yang meningkat dari penduduk dan pengadaan modal bagi investasi.
4.      Faktor Penyebab Kemunduran kerajaan Turki Utsmani
Setelah Sultan Al-Qanunii wafat (1566 M),Kerajaan turki usmani mulai memasuki fase kemunduran.Akan tetapi,sebagai sebuah kerajaan yang sangat besar dan kuat,kemunduran itu tidak langsung terlihat.Sultan Al-Qanuni kemudian digantikan oleh Sultan Slim II,dimanan pada massa pemerintahaannya terjadi pertempuran antar armada laut kerajaan usmani dengan Armada laut Kristen yang terdiri dari angkatn lut spanyol,Bundukia,Sri paus dan sebagian kapal yang dipimpin oleh Don Juan.Pertempuran ini terjadi di Selat Liponto (yunani).Dalam pertempuran ini Turki Usmani menglami kekalahan yang mengakibatkan Tunista dapat direbut Musuh,kemudian pada masa sultan berikutnya Sultan Murad III,Tunisa berhasil direbut kembali.Namun karena kehidupan moral Sultan yang kurang baik menyebabkan timbulnya kekacauan dalam negeri.Permusuhan dan pertikaian yang menghancurkan muncul dengan mengerikan,para gubenur,jendral tentaranya menjadi korup dan tidak setia lagi.Apalagi ketika pemerintahan di pegang oleh para sultan yang lemah ,maka situasi yang kuarang ini,menyebabkan Australia berhasil memukul kerajaan Usmani.kemudian situasi semakin memburuk di sepakatinya perjanjian dengan Catherine II dari Rusia yang diberi nama perjanjian Kinerja,yang berisi
“Kerajaan Usmani harus menyerahkan benteng-benteng yang berada di laut Hitam kepada Rusia dan memberi izin kepada armada Rusia untuk melintas selat yang menghubungkan laut hitam dengan laut putih,dan kerajaan Usmani mengakui kerajaan kiriman

Adapun Faktor-Faktor penyebab kemunduran Turki Utsmani
o   Wilayah Kekuasaan yang sangat luas
Administrasi pemerintahan  bagi suatau Negara yang amat luas wilayahnya sangat rumit dan kompleks,sementara administrasi pemerintahan kerajaan tidak beres, antar  penguasa saling berebut kekuasaan.
o   Heterogenitas Penduduk
Sebagai kerajaan yang besar,yang mana merupakan kerajaan hasil ekspansi dari wilayah berbagai kerajaan,maka di turki terjadi hetergenitas penduduk,dari hal tersebut maka jelaslah administrasi yang dibutuhkan juga harus memadai dan bis memenuhi kebutuhan hidup.akan tetapi setelah pimpinan sulaiman tidak memiliki AAadministrasi pemerintahan yang baik.
o   Kelemahan para Penguasa
Setelah wafatnya Sultan sulaiman,terjadilah pergantian kepemimpinan.Namun penguasa-penguasa tersebut amatlah memiliki kepribadian dan kepemimpinan yang lemah akibatnya pemerintahan menjadi kacau.
o   Budaya Punglu(Korupsi)
Korupsi merupakan perbuatan yang sudah umum terjadi dalam dunia politik,dan salah satunya yaitu pada kerajaan usmani,setiap jabatan yang ingin diraih harus dilakukan dengan pembayaran(sogokan)kepada orang yang memberikan jabatannyakarena itulah moral kita enjadi buruk.
o   Pemberontakan Tentara Jenissari
Kemajuan ekspansi Usmani banyak ditentukan oleh tentara jenissari,namun kali ini terjadi pemberontakan tentara jenissari sebanyak 4 kali.
o   Merosotnya Ekonomi
Dikarenakan sering terjadi perang sementara belanja Negara sangat besar untuk biaya peran.[5]


BAB III
PENUTUP
                                                    

A.Kesimpulan
Lahirnya kerajaan turki Usmani adalah warisan kepemimpinan Erthrogul ke anaknya Usman.Kerajaan Turki Usmani muncul ketika Islam mengalami masa kemunduran ditandai dengan jatuhnya Abbasiyah di Baghdad. Namun, Turki Usmani dikatakan sebagai kerjaan yang paling berpengaruh dan membangkitkan peradaban Islam setelah kemunduran Islam. Kerajaan Turki Usmani berlangsung selama enam abad sekaligus menjadi kekuatan Islam paling besar kala itu.
Sejarah Turki Usmani tidak bisa lepas dari persentuhan dengan barat. Momentum pertama kontak antara Turki dengan dunia barat ialah jatuhnya kota Konstatinopel, ibukota Bizantium ketangan pasukan Turki dibawah pimpinan Sultan Muhammad II Al-Fatih pada tahun 1453. Inilah titik awal massa keemasan Turki Usmani, yang terus cemerlang hingga abad ke-18 sebelum akhirnya jatuh karena ekspansi barat dalam merebut wilayah kekuasaan Turki dan berkembangnya ideology yang terus menggerogoti kerajaan Turki Usmani.
Faktor penyebab runtuhnya adalah
Ø  wilayah kekuasaan yang sangat luas,
Ø   kelemahan para penguasa,
Ø  pemberontakan tentara Jenissari,
Ø  krisis ekonomi

B.Penutup
Demikian makalah ini saya buat,penulis menyadari dalam makalh ini masih banyak kesalahan dalam pembuatannya.Maka dari itu,prnulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kemajuan dalam proses pembelajran.Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua.




Daftar Pustaka

§  Nadwi,Abul hasan ali.1987.Islam dan Dunia.Bandung:Angkasa
§  Hourani,Albert.2004.Sejarah Bangsa-bangsa Muslim.Bandung:Mizan Pustaka












[1] Abul Hasan Ali Nadwi,Islam dan Dunia,,Bandung: Angkasa .1987,hlm 92.
 Ibid. Hlm.93

[3] Ibid.Islam dan Dunia hal.95
[4]Ibid.Islam dan Dunia hal.101
[5]  Alberth Hourani.2004.Sejarah Bangsa-Bangsa Muslim.Bandung:PT.Mizan pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar